Senin, 10 September 2012

Murid SD Sidikalang Torehkan Prestasi Tingkat Nasional



(Analisa/sarifuddin siregar). Yosua Saragih dan Sarah F Panggabean siswa SD Katolik St Josef Sidikalang Kabupaten Dairi berfoto sembari memegang simbol kemenangan dengan kepala sekolah Sr Henderika Gultom dan guru pembina Alex Daryono Pasaribu, Senin (10/9). Bersama Thalia Sebastian, pelajar SD Sutomo Medan -- delegasi Sumut tersebut berhasil menorehkan prestasi sebagai The Best Experiment pada OSN di Jakarta pekan kemarin.


Sidikalang, (Analisa). Dua siswa binaan SD Katolik St Josef Sidikalang berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional di ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) di Jakarta, Minggu-Jumat (2-7/9).
Dalam kompetisi perorangan, Yosua Saragih mencatatkan diri sebagai penerima medali perak bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selanjutnya, dalam kelompok regu mewakili Sumatera Utara, Yosua bersama teman sekolah Sarah F Panggabean dan Thalia Sebastian pelajar kelas VI SD Sutomo Medan menggondol prestasi The Best Experiment. 

Ini sebuah catatan mengharukan buat masyarakat Kabupaten Dairi, ujar Kepala SD St Josef Sidikalang, Sr Hendrika Gultom kepada wartawan usai menyematkan tanda kehormatan dan apresiasi kepada murid terbaik tersebut. 

Ternyata, putra daerah ini mampu bersaing penuh percaya diri di level bergengsi. Delegasi menerima piagam dan dana pembinaan dari Dirjen Pendidikan Dasar, Prof Suyanto dan Dirjen Pembinaan Sekolah Dasar, Ibrahim Bafadul. Ditambahkan, keduanya telah mengikuti penempaan selama dua tahun di bawah bimbingan Alex Daryono Pasaribu. 

Gemilang terebut, ternyata telah direkam oleh sebuah lembaga populer hingga mereka ditawari beasiswa penuh selama 3 tahun oleh Sragen Bilingual Boarding School. Ia berharap, capaian itu menjadi motivasi bagi seluruh pelajar dan pendidik guna menyajikan nilai terbaik. Artinya, potensi brilian juga ada di desa.

Walau ada tawaran scholarship, Yosua Saragih dan Sarah F Panggabean menetapkan pilihan meneruskan edukasi di SMP Katolik St Paulus Sidikalang.Yosua berobsesi menjadi seorang insiniur sipil dan Sarah ingin pada status wanita karir. I want to be a business woman. Mau jadi wanita karir, ujar dia.

Seputar eksperimen, Yosua menjelaskan, tim melakukan pengukuran beberapa hal di antaranya berat jenis benda dan bobot sesuatu serta tinggi. Optimisme adalah sikap yang ia pegang menghadapi kompetitor kelas berat dari kota besar. (ssr)
Disalin dari Harian Analisa, edisi Selasa tgl 11/9/2012
www.analisadaily.com

1 komentar: