Selasa, 21 Juni 2011

Guru harus Kuasai Teknologi





Pakpak Bharat, (Analisa)

Guru harus terus belajar, utamanya guna menguasai teknologi. Perkembangan dewasa ini menunjukkan tendensi bahwa ilmu pengetahuan bukan saja diperoleh melalui pendidik di ruang sekolah namun berbagai fasilitas telah tersedia.

Internet, koran, televisi, telepon seluler merupakan sarana canggih yang kerap dipakai oleh pelajar dan semua kalangan dalam memperoleh informasi terkini. Bila sampai guru tertinggal, maka martabatnya akan rendah di mata murid. Pendidik mesti lebih cerdas dan piawai dibanding siswa.

Ini peringatan terakhir. Jangan sampai ditemukan guru belum mampu mengoperasikan computer. Jika itu terjadi, langkah tegas pasti dilakukan. Sebelum terlambat, mulailah berbenah sebab penguasaan tersebut merupakan tuntutan profesi.

Hal itu disampaikan Bupati Pakpak Bharat , Ir Remigo Yolando Berutu MBA saat penyerahan penghargaan kepada 63 siswa berprestasi tingkat SMA/MA dan SMK se daerah otonom dimaksud. Cenderamata itu terdiri dari alat tulis dan bungkusan. Kegiatan diadakan di aula SMK Negeri Kecamatan Pergetteng-getteng sengkut, Senin (20/6).

Penerima adalah juara I, II dan III. Di sana hadir Kepala Dinas Pendidikan Drs Holler Sinamo, beberapa kepala sekolah, orang tua murid dan Dewan Pendidikan. "Jika bukan karena sekolah, saya tidak mungkin jadi bupati. Demikian pejabat lain" kata Remigo.

Kepada orang tua dipintakan, anak sebagai harapan keluarga jangan lagi dibebani terutama menyangkut tenaga kerja. Fokuskan mereka belajar. Bukan saatnya lagi model itu dilakoni. Dukungan orang tua adalah salah satu unsur penting demi keberhasilan si buah hati.

Sementara itu, anak-anak ditekankan konsentrasi belajar dan belajar terus. Menurutnya, tantangan ke depan kian besar. Bila tidak diimbangi semangat tinggi maka peluang emas yakni masa depan berpotensi lepas.

Bahkan, untuk mempertahankan prestise juara saat ini, intensitas belajar perlu dinaikkan dua kali mengingat kompetitor lain juga gigih. Jadilah siswa bertanggung jawab, ucap kepala daerah yang juga politisi Partai Demokrat ini mengapresiasi membaiknya kualitas pendidikan.

Remigo menerangkan, pemimpin bangsa di dunia menggenggam sukses hanya digenggam lewat pendidikan. Dan, hanya pendidikanlah mampu membangkitkan suatu negara. Nasib bisa diperbaiki lewat sekolah dan pengetahuan. Seiring itu, ditandaskan, sektor ini merupakan skala prioritas di era kepemimpinnya. (ssr)


www.analisadaily.com

Disiarkan di Harian Analisa edisi Selasa tanggal 21/6/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar